Sabtu, 09 April 2011

Ubah Kesempitan Menjadi Kesempatan

Seekor keledai tua terjatuh ke sumur. Petani kebingungungan memikirkan cara mengangkatnya, tetapi kemudian dia berpikir, keledai itu sudah tidak berguna lagii baginya, sementara sumur tersebut juga sumur mati yang berbahaya. Maka, petani memutuskan untuk mengubur keledai tua sekaligus mengurung sumurnya. Petani mulai menyekop tanah ke dalam sumur. Mula-mula, terdengar ringikan panik keledai. Tetapi, setelah melewati beberapa sekopan,ringikan itu tidakl terdengar lagi. Petani menyangka keledainya telah tewas.
Tetapi betapa tercengangnya ia ketika melihat ke dalam sumur, nampak keledainya masih segar dan berdiri tegak di atas gundukan tanah. Ingin mengetahui apa yang terjadi, petani mencoba menuangkan beberapa sekop tanah lagi ke dalam sumur. Kini ia menyaksikan suatu peristiwa yang menakjubkan. Keledainya ternyata mengguncang-guncangkan setiap tanah yang menimpa punggungnya hingga jatuh ke bawah. Setelah itu, keledai menginjak-injak tanah tersebut dan menggunakannya sebagai pijakan .

Pesan : Orang pesimis selalu melihat kesempitan dalam setiap kesempatan sedangkan orang optimis selalu melihat kesempatan dalam kesempitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar