Kamis, 29 September 2011

Pengertian Perilaku Konsumen, Konsumen dan Pentingnya bagi Penelitian

Dalam mata kuliah Perilaku konsumen ini menurut saya sesuai dengan namanya “Perilaku konsumen” maka akan membahas segala sesuatu mengenai perilaku seorang konsumen terhadap produk maupun jasa yang akan dipilih dan di gunakannya demi memenuhi kebutuhan konsumen itu sendiri.

Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang atau organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevakuasi dan membuang produk dan atau jasa setelah di konsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Perilaku konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian, pembelian dan setelah pembelian. Pada tahap sebelum pembelian konsumen melakukan pencarian informasi yang terkait produk dan atau jasa. Pada tahap pembelian, konsumen akan melakukan pembelian produk dan atau jasa. Pada tahap setelah pembelian, konsumen melakukan konsumsi (penggunaan produk), evaluasi kinerja produk dan akhirnya membuang produk setelah di gunakan. Dalam hal ini konsumen akan memperoleh pengalaman dan pengetahuan tentang pembelian dan konsumsi yang mereka terapkan pada perilaku yang berhubungan di masa akan datang.

Faktor yang mempengaruhi pilihan konsumen sebagai berikut :
1. Konsumen individu : pilihan merk, kebutuhan konsumen, persepesi atas karakteristik merk dan sikap ke arah pilihan.
2. Pengaruh lingkungan : budaya dan kelas sosial
3. Marketing Strategy : variabel dimana pemasar mengendalikan usahanya dalam memberitahu dan mempengaruhu konsumen, barang, harga, periklanan, distribusi.

Konsumen merupakan seorang individu ataupun organisasi, mereka memiliki peran yang berbeda dalam perilaku konsumsi, mereka mungkin berperan sebagai initiator, influencer, buyer, payer atau user. Dalam konsep pemasaran kepuasan konsumen merupakan salah satu tujuan yang harus di capai. Kepuasan konsumen dengan menyediakan pelayanan yang baik, efektif dan lebih efisien. Kebutuhan, sikap dan perilaku konsumen mempengaruhi setiap aspek dari strategi pemasaran. Dalam strategi pemasaran yaitu : pendekatan, lakukan tes dan berikan deal terbaik.

Tentunya kita ingat dengan 5W + 1H :
1. WHY : mengapa mendapatkan atau jasa tersebut?
2. WHAT : berupa apa barang atau jasa tersebut ?
3. WHEN : kapan bisa di dapatkan barang atau jasa tersebut?
4. WHERE : dimana barang atau jasa tersebut bisa di dapatkan?
5. WHO : siapa yang mendapatkan barang atau jasa tersebut?
6. HOW : bagaimana barang atau jasa tersebut didapatkan?

Contoh : Si ilov mahasiswa Gundarama (who) ingin membeli (how) Handphone Blackberry (what). Ia ingin membeli blackberry, karena HP tersebut unik dan canggih (why) ia ingin membelinya akhir bulan setelah uangnya terkumpul (when) di pusat perdagangan HP di dekat rumahnya.

Studi mengenai perilaku konsumen adalah sangat penting karena dalam menjalankan konsep pemasaran suatu perusahaan tanpa adanya suatu pemahaman dan pengertian tentang konsumen sasaran, suatu perusahaan tidak dapat dikatakan telah menjadikan konsep pemasaran sebagai pedoman walaupun perusahaan tersebut telah menjalankan fungsi pemasaran dengan baik. Untuk mengetahui dengan jelas perilaku konsumen ini, seorang pemasar harus melakukan penelitian sebagai langkah awal untuk mengetahui motivasi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.

Penelitian di lakukan dalam upaya untuk mengumpulkan informasi mengenai karakteristik perilaku konsumen sehingga pemasar akan lebih mengenal siapa konsumennya dan bagaimana perilaku mereka dalam mencari, menggunakan dan membuang produk.